Selasa, 10 Oktober 2017

Mohon tidak melakukan Kecurangan dalam Tes CPNS

Posted by Unknown on Selasa, Oktober 10, 2017 with 15 comments
Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan, di tengah ketatnya persaingan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ada saja peserta yang mencari jalan pintas dan berbuat curang agar lulus tes, naumun pihak panitia tak mau kalah. Jaring pengaman disiapkan secara berlapis antara lain dengan memperketat pengawasan, sejak sebelum sampai saat pelaksanaan tes dengan sistem CAT.
Seperti yang dilakukan saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Regional BKN I Yogyakarta, sebelum masuk ruang CAT, setiap peserta harus melalui pemeriksaan ketat beberapa kali.
Pertama-tama peserta dikumpulkan untuk mendapatkan arahan, kedisiplinan dalam berpakaian juga diperhatikan. Peserta harus memakai sepatu fantovel bukan sepatu ket, bahkan sampai ada peserta yang meminjam/bertukar sepatu dengan petugas karena dia memakai sepatu ket.
Setelah itu, dilakukan verifikasi KTP dan kartu ujian untuk dicocokkan foto dan wajah peserta yang hadir. Jika sesuai, peserta melanjutkan ke tahap pemberian PIN untuk mengerjakan CAT. Kemudian, peserta diperiksa badannya satu-persatu.
Pada saat diberikan pengarahan, peserta sudah diingatkan untuk tidak membawa barang apapun selain KTP dan kartu ujian. Arloji, USB, handphone, kunci kendaraan, gelang bahkan cincin harus dilepas dan dimasukkan ke dalam tas. Sehingga saat pemeriksaan pertama, jika ada yang membawa barang-barang selain KTP dan kartu ujian, disuruh melepas dan memasukkannya ke dalam tas.
Di dekat ruangan tes, peserta wajib menitipkan tas masing-masing kemudian berkumpul kembali. Sebelum memasuki ruangan tes, peserta diperiksa lagi. Jika ada yang membawa barang lain selain KTP dan kartu ujian akan dianggap gagal dan tidak boleh mengikuti CAT.
Menurut pengakuan salah satu petugas, ada yang mencoba berbuat curang setelah ketahuan menyembunyikan handphone dibalik bajunya saat ikut tes di MG Setos Hotel, Semarang. Seorang wanita menyembunyikan ponsel dan memakai headset dibalik pakaiannya, hingga akhirnya peserta tersebut tidak boleh mengikuti SKD.
Salah satu petugas pemeriksa dari Kanreg BKN I Yogyakarta menceritakan bahwa pada penerimaan CPNS tahun 2014 juga ada yang tertangkap melakukan kecurangan. Modus yang dilakukan sama seperti yang dilakukan oleh peserta di Semarang.
Namun pada saat itu, ketahuan setelah petugas mencurigai gerak-geriknya saat mengerjakan tes. Sehingga, usai tes digeledah dan langkah selanjutnya diserahkan ke pihak yang berwajib.
Niat baik pemerintah untuk melaksanakan seleksi CPNS semestinya dibarengi dengan kesiapan peserta seleksi dalam mengikuti tes bukan dengan berbuat curang yang dipastikan bakal ketahuan.
"Tidak ada tempat untuk berbuat curang dalam seleksi CPNS ini," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur.
Sementara Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Herman Suryatman meminta kepada seluruh peserta calon PNS untuk tidak berbuat curang dalam menjalani tes yang telah ditetapkan.
"Kami tegaskan kembali agar para peserta seleksi CPNS percaya diri dan mempersiapkan diri dengan baik, jangan coba-coba berbuat curang. Junjung tinggi sportifitas dan kejujuran, berikhtiarlah dengan cara terpuji," kata Herman, Sabtu (16/9/2017).[ris]

Sumber :  nasional.inilah.com


15 komentar:

  1. Silicon carbide and aluminium oxide are the major impregnating abrasive particles of sandpaper. sandpaper grit

    BalasHapus

  2. thanks for your marvelous posting! I really enjoyed reading it, you happen to be a great author.

    BalasHapus
  3. The articles are great. and you are great Awesome blog

    BalasHapus
  4. Fantastic website, This really is an incredibly amazing resource.

    BalasHapus
  5. I am happy to find this way of writing the post. Thank you

    BalasHapus
  6. I enjoy this kinds of own post. It Like this knowledgeable blog

    BalasHapus
  7. You put very helpful information on this website. Keep it up

    BalasHapus
  8. Looking forward to read your next update, Thanks Nice article you have!

    BalasHapus
  9. Very good article, I enjoyed reading your post.

    BalasHapus
  10. Great post. Thank you for providing this information.

    BalasHapus
  11. This is very good and useful information.

    BalasHapus
  12. Very good article, I enjoyed reading your post

    BalasHapus
  13. truly appreciate this post. I’ve been looking everywhere for this!

    BalasHapus
  14. Hello, good day, this page was very enjoyable for me.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda