Rabu, 17 Februari 2016

Calon Satpam UINAR Ikut Tes Wawancara

Posted by Admin Kepeg on Rabu, Februari 17, 2016 with No comments
Sebanyak 40 peserta calon tenaga kontrak satuan pengamanan (Satpam) di Lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti tes wawancara (interview), Selasa (16/2/2016) di Ruang Sidang lantai 3 Biro Rektor. Ini merupakan seleksi tahap akhir setelah mengikuti tiga tahapan tes sebelumnya.

Ketua Panitia Rekrutmen Tenaga Kontrak 2016, Drs. Junaidi disela-sela pelaksanaan tes wawancara mengatakan, tes wawancara ini merupakan seleksi tahap akhir setelah lulus pada tiga tahap tes sebelumnya, pada tes ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari mereka yang lulus tes Samapta atau uji fisik yang berlangsung pada Sabtu, 13 Februari kemarin.

Junaidi merincikan, bahwa penerimaan calon tenaga satpam ini telah dilakukan beberapa tahapan tes, pada pendaftaran pertama ada 280 pendaftar, namun hanya 261 yang lulus seleksi administrasi, dari jumlah tersebut 236 peserta mengikuti ujian tulis dan tes baca Al-Quran, hanya 90 orang dinyatakan lulus, pada tes tahap ketiga yaitu tes samapta atau fisik yang hadir hanya 88 orang, selanjutnya mereka yang dinyatakan lulus tes samapta hanya 40 orang dan berhak mengikuti tes wawancara yang berlangsung pada 16 Februari.

“Tes wawancara ini berlangsung tertib, aman dan dilaksanakan sesuai dengan perundang-undangan, dibagi dalam tiga regu atau meja tes dan diuji oleh tiga penguji dari Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd,  Jasmadi, S.Psi, MA, dan  Usfur Ridha, S.Psi,.” ujar Junaidi, Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry.

Lebih lanjut dikatakan, materi yang diuji fokus pada lima nilai budaya kerja Kementerian Agama RI yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. Antara penguji dengan materi yang dites sangat berkaitan dan mereka sudah sangat memahami. Penguji ini juga telah sering manjadi tim uji pada beberapa tempat, Insya Allah mereka orang yang sangat tepat untuk melakukan tes wawancara ini.

Sementara itu, salah seorang penguji pada tes wawancara ini, Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd mengungkapkan, bahwa materi tes terkait dengan budaya kerja yang dibuat oleh Kementerian Agama RI ini dilakukan dengan menggunakan skala agar memudahkan dalam penilaian.

“Pertama kami lakukan dalam melaksanakan tes ini adalah mencoba membuat skala supaya lebih mudah ukurannya, materinya terkait dengan budaya kerjanya seperti yang telah disebutkan dalam lima butir budaya kerja kemenag. Rata-rata pemahaman dari peserta tes ini sudah sangat bagus, namun ada juga beberapa orang jika dilihat dari dasar nilai ujian tulis dengan hasil wawancara ini ada yang tidak sinkron, bisa saja dia memiliki pengetahuan umum yang bagus, tapi belum mampu secara keseluruahan,” ujar Dia.

Kusmawati menambahkan, secara umum hasil yang mereka peroleh berada pada level menengah ke atas dalam pengetahuan pada materi uji ini, dan hasil tes ini nantinya akan menentukan berapa orang yang layak dinyatakan lulus menjadi tenaga kontrak satpam di UIN Ar-Raniry.

Insya Allah hasil semua tahapan tes pada rekrutmen Satpam ini akan  diumumkan pada hari Jum'at tanggal 19 Februari 2016 melalui situs ini. [Nat]







0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda